Cara menanam kangkung di pot / polibag

Cara menanam kangkung di pot / polibag

cara budidaya kangkung di polibag

Cara menanam kangkung di pot / polibag

Haloo sobat Ayo Berkebun.. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tentang cara menanam sayur kangkung menggunakan pot atau polybag. Pada kesempatan sebelumnya saya juga pernah membahas tentang cara menanam selada di pot / polybag, cara menanam cabai di pot / polibag, dan masih banyak lagi tips menanam lainnya, silakan KLIK DISINI.
Sebelum menanam kangkung di pot / polybag siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya yaitu:
  • benih kangkung
  • pot / polibag
  • media tanam
  • pupuk / nutrisi
Jual bibit kangkung murah KLIK DISINI

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan media tanam ke polybag, untuk media tanam saya biasa menggunakan campuran tanah + sekam bakar + kompos / pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. tentunya sobat tidak harus mengikuti campuran yang saya gunakan ^_^, atau sobat juga bisa membeli media tanam yang sudah siap pakai. Isi plastik polybag dengan media tanam, jangan terlalu penuh, sisakan sekitar 5-7cm. disini saya menggunakan polybag ukuran 30x30 cm.

Kemudian letakkan benih kangkung diatas media, jangan terlalu banyak dan dempet. Sebagian orang memberikan perlakuan khusus terhadap benih kangkung sebelum ditanam, yaitu dengan merendam benih kangkung ke dalam air hangat agar benih lebih cepat berkecambah, selain itu perlakuan ini juga berfungsi untuk memisahkan kotoran serta benih yang kurang baik, kotoran dan benih yang kurang baik akan mengambang ke permukaan air, sobat hanya tinggal memisahkan dan mengambil benih yang ada didasar air saja. Tapi saya sangat jarang melakukan ini karena ingin cepat-cepat, jangan ditiru ya, ^_^.

Jika benih sudah diletakkan diatas media, selanjutnya tutup benih dengan media dengan ketebalan 1/2-1 cm. Setelah itu siram sampai cukup basah dan letakkan polybag ditempat yang cukup mendapat sinar matahari dan jaga kelembaban media jangan sampai kering ataupun terlalu basah.


bibit kangkung 4 hari setelah semai

cara budidaya kangkung di polibag
bibit kangkung 14 hari setelah semai


jual benih kangkung murah
20 hari setelah semai
Jika dirasa akar kangkung banyak terlihat di permukaan tanah, atau kangkung terlihat miring seperti ingin rubuh, sobat bisa menambahkan media secukupnya.

Cepat atau lambatnya pertumbuhan kangkung tergantung banyak faktor, terutama nutrisi yang diberikan kepada kangkung tersebut.

Nah itu dia cara menanam kangkung di polibag. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama sobat yang sedang belajar berkebun..
Sekian dulu untuk postingan kali ini.
Terimakasih..

Baca juga :
cara memindah bibit tanaman yang bertumpuk dan rimbun



incoming search :

  • cara budidaya kangkung di polibag / polybag / pot
  • cara cara budidaya kangkung darat
  • cara menanam kangkung di pot
  • cara menanam kangkung di polibag
  • cara menanam kangkung di polybag


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger