Cara membuat tray semai sendiri (GRATIS)

Cara membuat tray semai sendiri (GRATIS)

Cara membuat tray semai sendiri

Cara membuat tray semai sendiri

Menyemai merupakan salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh banyak orang yang hobi berkebun, termasuk saya ^_^. Biasanya untuk menyemai benih dalam jumlah yang banyak kami menggunakan tray untuk menyemai benih. Tujuan menyemai menggunakan tray adalah agar tanaman lebih mudah dipantau, selain itu tanaman juga tidak akan berebut nutrisi, sehingga masing-masing tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Menyemai dengan menggunakan tray juga dapat menghemat tempat.

Baca juga :

Tray untuk menyemai dapat sobat beli di toko-toko pertanian ataupun kios-kios tanaman. Sobat juga bisa membuat tray untuk menyemai sendiri dengan mudah dan gratis. Nah kali ini saya akan membagikan tips serta pengalaman saya dalam menanam menggunakan tray semai yang dibuat sendiri. Sebenarnya bukan dibuat sendiri, tapi memanfaatkan yang ada saja ^_^.

Untuk membuat tray semai saya menggunakan tray telur yang terbuat dari bahan kertas (hasil daur ulang). Sobat hanya tinggal mencari atau bahkan bisa memintanya dari pedagang telur, beli saja telur satu kilo lalu minta beberapa traynya, hehehee.
Jika sudah mendapatkan tray telur langkah selanjutnya adalah membuat lubang-lubang pada tray tersebut. Lubangi bagian bawah dan sisi-sisinya, buat libang menggunakan paku atau obeng. Jika sudah sobat bisa menaruh tray tersebut diatas alas (tripeks misalnya) untuk memudahkan jika ingin dipindah tempat. Selanjutnya isikan tray dengan media tanam lalu tanam benihnya.

Karena terbuat dari bahan kertas, sebaiknya tray tidak terkena air hujan yang cukup deras, karena tray bisa hancur. Untuk memindahkan tanaman yang sudah cukup besar, sobat bisa langsung memotong tray sesuai dengan alurnya lalu pindahkan tanaman ke tempat yang lebih besar tanpa harus mengeluarkan tanaman dari tray, karena tray terbuat dari kertas maka akan mudah menyatu dengan tanah dan juga ramah lingkungan tentunya.

Baca juga :

Nah itu dia tips membuat tray semai sendiri yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin menambahkan bisa langsung tulis di kolom komentar.
Terimakasih.


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger