Cara menanam delima dari biji

Cara menanam delima dari biji

cara tanam delima dari biji

Cara menanam delima dari biji

Buah delima atau pome merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dengan bagian dalam yang berisi bulir-bulir biji yang dilapisi daging buah dengan warna yang agak transparan, sehingga bijinya dapat terlihat dari luar. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah kanker, mencegah penyakit jantung,  meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi manfaat buah delima lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam menanam delima dari biji. Mungkin cukup sulit menemukan buah delima di pasaran, kebetulan waktu itu saya mendapatkan buah delima di pasar tradisional dengan harga 50rb/kg, berat 1 buah bisa mencapai 1/2 kg lebih, buahnya seperti pada gambar diatas.
Nah bagi sobat yang mungkin kebetulan mendapatkan buah delima, tidak ada salahnya mencoba menanam biji buah delima tersebut.
Sebelum menanam biji delima, sebaiknya sobat siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, antara lain :
  • benih / biji buah delima
  • media tanam
  • tray semai / polybag kecil

cara menanam delima dari biji

Jika sudah di siapkan peralatannya langsung saja kita bahas bagaimana cara menanam biji delima tersebut.
Sebelumnya sobat siapkan media tanamnya terlebih dahulu, sobat bisa membeli media tanam yang sudah jadi atau meraciknya sendiri. Untuk media tanam saya biasa menggunakan campuran tanah + sekam bakar + pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1:1:1.
Selanjutnya jika sobat sudah mempunyai buah delima, sobat dapat langsung mengambil bijinya dengan cara memisahkan biji dengan daging buahnya agar tidak berjamur nantinya, jika sudah keringkan biji delima tanpa terkena sinar matahari langsung selama kira-kira 3-4 hari. Tapi jika sobat sudah mendapatkan biji / benih buah delima dari penjual benih, sobat dapat langsung menyemainya.

Baca juga :
cara membuat tray semai sendiri
cara menanam biji buah naga
cara menanam kacang panjang di pot / polybag

Untuk penyemaian, sobat bisa langsung menyemai biji delima ke polybag-polybag kecil / tray semai yang sudah di isi dengan media tanam. Masukkan 1 biji delima ke tiap polibag atau tiap lubang pada tray semai. Tapi saya lebih suka cara penyemaian dengan menggunakan tissu  seperti yang pernah saya bahas pada "cara cepat menyemai benih". Terserah sobat ingin menggunakan cara yang mana, tapi saya lebih menyarankan penyemaian menggunakan media tissu tersebut, karena menurut saya persentase tumbuhnya lebih besar daripada penyemaian langsung pada polybag / tray semai.

Berikut ini adalah foto-foto perkembangan pohon delima yang di tanam dari biji yang sudah saya tanam :

cara menanam buah delima dari biji
penanaman biji delima ke polybag langsung


cara tanam biji buah delima
bibit delima pada tray semai, jika sudah sebesar ini, sobat bisa memindahnya ke polybag / pot yang lebih besar


cara menanam biji buah delima


cara menanam biji delima






Incoming search terms:


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger