Cara menanam biji kurma

Cara menanam biji kurma

cara menanam kurma dari biji

Cara menanam biji kurma

Haloo sobat Ayo Berkebun!! Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips atau cara menanam biji kurma. Beberapa waktu yang lalu saya mampir ke toko tanaman dan di toko tersebut menjual pohon kurma yang baru berdaun 2 helai, tingginya kira-kira 20-25cm. Ketika saya tanya harganya ternyata cukup lumayan, harganya 60.000 rupiah per polybagnya.
Dan kebetulan belum lama ini saya dapat kiriman buah kurma dari teman saya yang baru pulang dari saudi, langsung deh saya coba semai biji kurmanya dengan cara penyemaian yang biasa saya gunakan. Dan ternyata biji kurma tersebut berhasil tumbuh.
Nah pada postingan ini saya ingin membagikan cara menyemai biji kurma yang sudah pernah saya coba.

Untuk mendapatkan biji kurma sobat bisa membeli kurma yang banyak dijual dipasaran, yang jual kurma online juga sudah banyak sekarang.
Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara menanam kurma dari biji, sebelumnya sobat siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya.

Alat dan bahan :
  • benih/biji kurma
  • tissu
  • toples
  • polibag / pot
  • media tanam
Baca juga:

Cara menyemai biji kurma :
  • pertama rendam biji kurma dengan air bersih selama 24 jam
  • setelah 24 jam bersihkan biji kurma dari sisa-sisa kulit ataupun daging buah yang masih menempel
  • jika sudah bersih rendam kembali biji kurma ke dalam air, jangan lupa ganti air dengan air bersih yang baru, rendam selama 24 jam lagi
  • setelah perendaman kedua, ambil 2 atau 3 lembar tisu, kemudian letakkan pada toples yang sudah di persiapkan
  • basahi tisu tersebut dengan air
  • letakkan benih/biji di atas tisu tersebut
  • tutup rapat toples, dan letakkan ditempat teduh (saya letakkan didalam ruangan)
  • setelah 7 hari didalam toples biji kurma akan mulai mengeluarkan akar, bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini:
cara menanam biji kurma

  • setelah akar agak panjang, sobat bisa memindahnya ke pot / polybag, media tanam yang saya gunakan adalah tanah + sekam bakar + kompos dengan perbandingan 1:1:1
  • perkembangan selanjutnya akan saya update terus disini :)
Sekian dulu untuk postingan cara menanam biji kurma kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih..


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger