Manfaat selada untuk kesehatan

Manfaat selada untuk kesehatan

Manfaat selada untuk kesehatan

Selada merupakan sayuran yang biasa kita santap bersama makanan lain, dan juga biasanya dijadikan lalapan. Selain untuk dikonsumsi, ternyata selada juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Apa saja manfaat sayuran selada untuk kesehatan?

manfaat selada untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat selada untuk kesehatan:

Mencegah penuaan dini
Selada mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan. Zat ini selain mampu mencegah penuaan dini juga mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan Anda dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Melawan penyakit
Selada mengandung beta-karoten yang merupakan pejuang melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, penyakit jantung, dan kanker dapat dilawan dengan makan selada.

Mencegah kanker
Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, makanan yang kaya vitamin A dan C dapat membantu mencegah kanker tertentu. Selada mengandung kedua vitamin tersebut.

Menguatkan tulang
Kandungan vitamin K di dalamnya mampu memperkuat tulang karena vitamin K akan meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.

Meningkatkan kesuburan
Selada segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit

Menjaga berat badan
Selada memiliki kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk pelaku diet , rata-rata hanya 1 - 50 per porsi. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh untuk terhidrasi. Selada juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Membantu penderita sembelit
Selada mengandung serat makanan yang dapta membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Selada juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Sumber vitamin A


Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga penglihatan Anda.

Membantu dalam pemulihan jaringan
Selada mengandung magnesium yang tinggi yang berperan penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot. Juga berkontribusi memperpendek waktu pemulihan. Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, dan saraf.

Menyediakan nutrisi selama kehamilan dan menyusui
Selada membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan karena mengandung asam folat.

Meredakan sakit kepala
Jus daun selada bila dicampur dengan minyak mawar, lalu ditempelkan pada dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala sehingga dapat menjamin tidur nyenyak.

Mencegah cacat lahir
Selada kaya akan asam folat, yang dikenal membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan. Juga mencegah anemia.

Melawan insomnia
Mengonsumsi selada membantu melawan insomnia karena mengandung zat yang menginduksi tidur yang disebut lactucarium. Ini adalah zat candu ringan yang ada pada hampir semua jenis selada.

Meningkatkan kesehatan hati
Selada juga diyakini berkontribusi terhadap kesehatan hati.

Merawat rambut rontok
Campuran jus selada dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok..

Kaya akan mineral
Selada merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

sumber : manfaatdaunbuah


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger