makanan untuk meningkatkan daya ingat

makanan untuk meningkatkan daya ingat

makanan untuk meningkatkan daya ingat

makanan untuk meningkatkan daya ingat

Otak merupakan organ tubuh yang sangat amat penting, untuk menjaga dan meningkatkan kualitas otak dalam mengingat, kita harus memberikan "perawatan" yang sesuai. Seiring bertambahnya usia kemampuan otak untuk mengingat akan mengalami penurunan, untuk menjaga dan meingkatkan daya ingat otak sebaiknya kita memakan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat:
baca juga : 

Bayam
Bayam ternyata merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayam bermanfaat dalam memperlambat defisit kognitif dan masalah yang berkaitan dengan usia dalam sistem saraf pusat.

Buah dan sayuran segar
Sebagian besar buah-buahan dan sayuran segar menyediakan antioksidan yang membantu menjaga keseimbangan, koordinasi dan fungsi memori. Menurut sebuah studi tahun 2005 oleh peneliti Harvard University, asupan buah dan sayuran berbanding terbalik dengan penurunan kognitif.
Dengan kata lain, semakin fresh buah atau sayuran yang Anda makan, semakin baik kesempatan Anda untuk menjaga kesehatan otak.

Ikan berminyak
Varietas ikan berminyak seperti salmon, sarden, mackerel, dan ikan haring memiliki kandungan EFA atau asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak baik merupakan komponen penting untuk perkembangan sel-sel otak serta meningkatkan kekuatan belajar dan memori kita.
Selain itu, ikan laut seperti sarden juga memiliki manfaat tambahan yaitu mengandung kolin, suatu bahan kimia otak yang merupakan dasar untuk memori.

Kedelai
Produk kedelai menyediakan kolin. Selain itu, kuning telur, kacang dan hati adalah sumber kolin yang baik. Kedelai dapat ditemukan dalam produk alam seperti susu kedelai atau suplemen isoflavon kedelai. Kedelai juga berguna untuk meningkatkan memori verbal dan non-verbal serta fleksibilitas mental.

Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi risiko pembentukan plak di arteri dan memblokir efek radikal bebas yang dapat mengurangi aliran darah ke otak dan merusak memori.
Vitamin C dapat dijumpai pada berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti kubis, jeruk, stroberi, brokoli, kentang, kiwi, paprika merah dan sayuran hijau.

Vitamin E
Vitamin E tidak hanya berguna untuk mencegah kerusakan otak, tetapi juga membantu untuk mengembalikan fungsi otak. Untuk memenuhi asupan vitamin E, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti, minyak kacang, selai kacang, gandum, dan lain-lain.

Vitamin B12
Vitamin B12 sering juga disebut sebagai "makanan otak." Kurangnya asupan vitamin B, termasuk vitamin Bl, B2, B6, B12, dan asam folat, menyebabkan kebingungan, mudah marah, gangguan berpikir, konsentrasi, memori, respon otak dan kesehatan mental.
Asupan vitamin B dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti susu tanpa lemak dan yogurt, gandum, pisang, seafood, biji-bijian dan kacang hijau.

sumber : http://adhirapuzzpa.blogspot.com/2015/08/makanan-untuk-meningkatkan-daya-ingat.html


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger