Cara membasmi bekicot dari kebun

Cara membasmi bekicot dari kebun

cara membasmi bekicot dari kebun

Cara membasmi bekicot dari kebun

Bekicot merupakan salah satu hewan moluska yang mungkin keberadaannya tidak diinginkan atau dianggap sebagai hama oleh sebagian orang, terutama oleh kita yang hobi berkebun ^_^.
Dianggap sebagai hama karena bekicot ini memakan daun bahkan juga batang dari tanaman. Sangat menjengkelkan sekali kan jika tanaman yang sudah susah payah kita rawat dirusak bahkan dihabiskan oleh si bekicot ini. Bekicot sangat menyukai tempat yang lembab, itulah sebabnya keberadaan bekicot semain meningkat di musim penghujan ini. Bekicot biasanya beraksi di malam hari, dan ketika siang bekicot akan bersembunyi ditempat yang aman, seperti di sela-sela batu dan pot.

Nah untuk para sobat yang mungkin sedang bingung menghadapi hama yang satu ini, kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk mengusir bekicot dari kebun. Cara ini didapat dari berbagai sumber, yang mungkin bisa sobat coba.

Cara 1 :
Memusnahkannya secara langsung. Sobat bisa berburu dan memusnahkan bekicot dimalam hari, karena pada malam hari bekicot akan keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makan. Perburuan bekicot tidak hanya cukup dilakukan satu kali, perlu dilakukan berkali-kali sampai dirasa bekicot sudah tidak ada lagi dikebun.


Cara 2 :
Buat perangkap bir. Salah satu cara menyingkirkan bekicot yang paling dikenal dan tergolong efektif adalah membuat perangkap bir.

Cara membuatnya :
  • Tuangkan bir murah (berkualitas rendah) ke dalam piring/lepek, mangkuk, atau ember (tergantung dari jumlah bekicot yang akan dimusnahkan). Letakkan pada satu lokasi di taman/kebun Anda dan biarkan semalam.
  • Bekicot akan tertarik dengan aroma bir dan akan memanjat wadah yang berisi bir tersebut. Hasilnya, hewan itu akan mabuk oleh alkohol, jatuh, dan tenggelam.
  • Jika tidak ingin membuang-buang bir mahal untuk memusnahkan bekicot, Anda bisa membuat jebakan serupa menggunakan jus anggur atau air yang dicampur dengan ½ sendok teh ragi dan satu sendok makan gula.

Cara 3 :
Menggunakan tembaga. Tembaga digunakan oleh banyak tukang kebun untuk mengusir bekicot dan siput telanjang (resrespo).

Caranya:
  • Sobat bisa membeli pita tembaga (copper tape) di pusat pembibitan tanaman dan gulungkan di sekeliling kebun sayuran atau bedeng berisi tanaman bunga. Jika sobat memiliki benda lain yang terbuat dari tembaga, sobat bisa meletakkannya di sekitar dasar tanaman yang ingin sobat lindungi.
  • Tembaga mengusir bekicot akibat terjadinya reaksi antara logam dan mukosa (lendir) yang dihasilkan oleh bekicot ketika hewan tersebut bergerak. Bahan ini mengirimkan sinyal elektro-saraf, yang tidak menyenangkan bagi bekicot karena terasa seperti sengatan listrik

Cara 4 :
Menggunakan kulit telur. Cara efektif lain yang digunakan untuk mengusir bekicot adalah dengan menaburkan kulit telur yang telah dihancurkan ke permukaan tanah di sekitar tanaman yang mudah diserang.
  • Bagian tepi pecahan kulit telur relatif tajam dan tidak menyenangkan untuk badan bekicot bagian bawah yang lunak. Jadi, bekicot cenderung menghindarinya dan tidak memanjat atau melewatinya untuk sampai ke tanaman yang diincarnya.
  • Selain bisa mengusir bekicot, kulit telur juga mengandung banyak kalsium yang dapat menutrisi tanah.

Cara 5 :
Menggunakan kopi. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian, AS, menunjukkan bahwa kopi sangat efektif menangkal dan memusnahkan bekicot dan juga siput telanjang.

Cara menggunakannya :
  • Masukkan kopi yang telah didinginkan ke dalam botol semprot. Lalu, gunakan untuk menyemprot tanaman, dedaunan, tanah, atau langsung pada bekicot yang sobat jumpai.
  • Sebagai alternatif, sobat dapat menaburkan bubuk kopi di sekitar pangkal tanaman yang ingin di lindungi. Bubuk kopi sekaligus juga membantu menyuburkan tanah
  • Selain kopi, bahan lain yang juga dapat mengusir bekicot adalah bubuk jahe, talk/bedak tabur (talcum powder), abu dari kayu bakar atau jeruk nipis. Kain kasa dari pengering pakaian juga bisa digunakan untuk mengusir bekicot.

Cara 6 :
Menggunakan pembasmi hama yang banyak dijual di toko. Salah satunya adalah furadan. Selain dapat mengusir bekicot, furadan juga bisa mengusir hama lain seperti nematoda (puru akar), penggerek batang, cacing, uret, jontrot dan lain sebagainya. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan menaburkannya saja di area kebun / taman.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengusir atau membasmi bekicot dari kebun. Jika sobat mempunyai pengalaman atau cara ampuh lain untuk membasmi bekicot, bisa langsung share di kolom komentar, agar bisa bermanfaat untuk sobat-sobat yang lain.
Sekian dulu untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.



incoming search
  • cara mengusir bekicot secara alami
  • cara membasmi bekicot secara alami
  • cara alami membasmi bekicot
  • cara alami mengusir bekicot
  • cara memusnahkan bekicot


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger