cara membuat mawar pelangi sendiri

cara membuat mawar pelangi sendiri

cara membuat mawar pelangi

cara membuat mawar pelangi atau rainbow rose

Mawar pelangi atau rainbow rose, mungkin sobat sudah mengetahuinya. Mawar pelangi adalah bunga mawar yang memiliki banyak warna dalam satu kuntum bunga tersebut, seperti merah, kuning, hijau, ungu dan lain sebagainya, warna-warni inilah yang membuatnya seperti pelangi sehingga diberi nama mawar pelangi atau dalam bahasa inggrisnya rainbow rose. Warna-warni pada mawar pelangi ini bukan dihasilkan dari pohonnya secara langsung, perkawinan antar tanaman atau rekayasa genetik. Mawar pelangi ini dibuat dengan teknik khusus dan bantuan tangan manusia. Jadi tidak mungkin jika sobat ingin menumbuhkan dan menanam sendiri mawar pelangi dirumah. 

Mungkin sobat pernah melihat banyak sekali yang menawarkan dan menjual benih mawar pelangi dari import. Tapi sayangnya itu hanya hoax, saya pernah menanyakan kepada pedagang mawar dan juga mendapat info dari sumber-sumber lainnya bahwa pohon mawar pelangi itu tidak ada, saya juga pernah membahas tentang waspada penipuan benih mawar pelangi.

Baca juga :

Jika sobat berniat membeli benih mawar pelangi, mungkin sobat bisa coba pikirkan lagi niat tersebut, bukan bermaksud ingin mengacaukan penjualan benih yang katanya mawar pelangi, kalaupun itu benar-benar benih mawar pelangi (jika memang sudah ada) atau benih bunga mawar jenis lainnya, butuh waktu berapa lama untuk dapat melihatnya berbunga?? sangat lamaaa,, belum lagi tingkat kegagalan benih untuk tumbuh. Dan perlu sobat tahu, pohon mawar yang banyak dijual sekarang ini kebanyakan menggunakan teknik okulasi untuk memperbanyak pohon mawar tersebut. Kenapa demikian? karena pohon mawar dengan warna yang cantik-cantik itu berasal dari luar dan jika ditanam langsung (stek batang) kemungkinan tumbuhnya sangat kecil, nah dari kesulitan itulah para petani mawar menggunakan batang mawar lokal yang sangat mudah tumbuh, hanya dengan memotong dan menancapkannya ke tanah maka pohon mawar lokal tersebut dapat tumbuh, tetapi bunga yang dihasilkan dari pohon mawar lokal tidak semenarik bunga mawar yang berasal dari luar. Karena alasan itulah para petani mawar menggunakan teknik okulasi pada mawar, dengan menggunakan batang bawah mawar lokal dan batang atas mawar import, sehingga para petani mawar dapat memperbanyak tanaman mawar dengan mudah dengan hasil yang banyak dicari dan disukai oleh para konsumen.

Baiklah kembali ke topik dari judul postingan ini, cara membuat rainbow rose atau mawar pelangi. Mawar pelangi sebenarnya hanyalah mawar putih yang diberi pewarna, eittss, tapi tidak sebrangan memberikan pewarnanya, nah kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat mawar pelangi. Sebenarnya sobat bisa membuat mawar pelangi dengan mudah, tapi sebelumnya sobat harus menyiapkan terlebih tahulu alat dan bahannya.

Baca juga :

Alat dan bahan :
  • bunga mawar putih (mawar potong yang mekarnya baru 20-30% kira-kira)
  • pewarna makanan atau pewarna yang aman, 4 macam warna (lebih juga boleh)
  • mangkuk atau gelas
  • air bersih
  • pisau

Cara membuat mawar pelangi :
  • pertama sobat masukkan masing-masing pewarna kedalam mangkuk/gelas, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai merata
  • potong batang bawah bunga mawar menjadi 4 bagian, potong tegak lurusbukan dipotong melintang sampai putus
  • jika sudah rendam keempat bagian batang yang sudah dipotong ke masing-masing, wadah mangkuk/gelas yang sudah berisi pewarna. rendam selama kurang lebih 24 jam.
  • semakin lama maka bunga mawar yang berwarna putih akan berubah warnanya
Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat video dibawah ini :


Nah itu dia tutorial membuat mawar pelangi yang bisa sobat praktikkan sendiri dirumah.
Sekian dulu untuk postingan cara membuat mawar pelangi kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih.


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger