ini dia makanan terbaik untuk kesehatan mata

ini dia makanan terbaik untuk kesehatan mata

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu alat indera yang ada ditubuh kita dan sangat berperan penting dalam hidup kita, agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik sudah sewajarnya kita menjaga dan merawat mata kita dengan penuh hati-hati, salah satunya dengan memakan makanan yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.
apa saja makanan-makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata?
berikut ini adalah daftarnya:

Wortel
Menjaga Kesehatan Mata dengan WortelWortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten, yang mana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

Biji bunga matahari (kuaci)
Menjaga Kesehatan Mata dengan Biji Bunga Mata Hari
Siapa sangka camilan yang biasa kita gunakan sebagai pengganti pocorn ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Kuaci mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga mata hari juga mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah "photophobia"

Ikan Salmon
Menjaga Kesehatan Mata dengan Ikan Salmon
Nah kalo makanan yang satu ini kita pasti sudah tahu hehe. Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan / makanan laut yang lainnya.Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat.

Telur
Menjaga Kesehatan Mata dengan TelurMakanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak.

Bayam
Menjaga Kesehatan Mata dengan Bayam
Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

Alpukat
Menjaga Kesehatan Mata dengan Alpukat
Buah alpukat merupkan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein sendiri yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

Bawang putih
Menjaga Kesehatan Mata dengan Bawang Putih
Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah dan dapat memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh yang tentu saja akan membantu mata kita agar tetap sehat.

Tomat
Menjaga Kesehatan Mata dengan Tomat
Buah Tomat sering digunakan untuk merawat keehatan kulit muka. tetapi buah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tomat yang diperkaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, yang merupakan tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Cokelat Hitam
Menjaga Kesehatan Mata dengan Dark Chocolate
Dark chocolate ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Karena coklat hitam mengandung suatu zat yang dinamakan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata sehingga tentu saja akan secara otomatis memperkuat kornea dan retina mata kita. Nah, jika anda kurang menyukai wortel anda juga dapat menjadikan coklat hitama sebagai penggantinya.

Kol / Brokoli
Juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata karena brokoli atau kol ini mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu lho, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

Itu dia makanan-makanan yang menyehatkan mata, tapi perlu diingat segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

sumber : facebook


Artikel Terbaru :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Ayo Berkebun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger